Walau cuma beberapa gelintir, namun langkah kita untuk belajar tak surut, semangat kita pantang mundur , hehe...dengan bermodalkan nekad dan semangat itulah kita-kita yang tak terwadahi ini, iseng-iseng, dari pembicaraan tanpa sengaja, jadilah kita sepakat untuk saling berbagi ilmu. Bismillah, dengan kembali meluruskan niat karena Allah, kita coba menimba dan berbagi ilmu kepada dan untuk siapa saja. kami bnerharap bisa bermanfaat untuk semua.

Monday, May 2, 2011

MIE (BASAH+SEHAT)TELUR

Minggu ini aku sendiri yang akan mengisi cooking class, kebetulan karena permintaan mb Eva, jadi kita ke Eva’s kitchen yuuk….:D . Kali ini kita membuat Mie (basah, sehat) telur  J. Aku sengaja membuat nya senatural mungkin. Tanpa bahan tambahan atau pengawet apapun. Plus semudah mungkin…(promosi)
Sebenarnya untuk membuat mie (basah) telur ini, afdolnya kita pakai tepung  terigu protein tinggi kali ya…(yang biasa kita gunakan untuk membuat bread). Di sini, ada di Al fair, kalau temen-temen ingin membuat white bread dan sejenisnya.  Kalau aku…tepung apapun jadilah…kebetulan dirumah ada all purpose flour, jadi aku pakai aja itu. Kalau temen-temen mau bikin di Indonesia, idealnya pakai saja terigu cakra kembar.
Bahan dan alat :
v  ½ kg tepung terigu all purpose
v  2 sdt garam
v  4 butir telur (standard) mau ditambah 1 juga boleh biar lebih uenak…
v  Air secukupnya
v  Oregano (optional)
Alat :
Ampia
Cara membuatnya :


 gbr.1

 gbr.2




Oya, tadi lupa kujelaskan, kalau teman-teman ingin membuat mie sehat dengan ditambahi bayam,  bisa juga loh….ini salah satu kiat untuk mengakali anak2 kalau suka mie tapi gak suka sayur. Atau bisa juga dikasih tinta cumi... Pasti temen-temen tanya caranya? (mbak Yulin…hehe tau aja). Ok, insya Allah next time aku jelaskan. Bikin yang ini dulu ya.
Untuk variasi lain bisa dilihat di copyan resep mie yang aku bawa tadi, dicoba ya mie lendirnya. Siip…. banget deh rasanya.

Inilah hasil jadi mie basah kita, gambar 1 adalah mie telur dengan resep 4 telur tapi kita menggilingnya dari angka 1 sampai 5.
Gambar 2 adalah mie telur dengan resep 5 telur, tapi menggilingnya dari angka1 sampai 4. Hasilnya? Silahkan teman-teman yang bisa menilai. Kalau aku lebih suka yang pertama, karena lebih terasa enaknya…J siip.

NB : Buat mb Eva, cheese sticknya nanti ya mb. Sekalian nanti nge ' edit ' yg lain-lain. Oya, teman-teman, insya Allah Minggu depan mau praktek papay salad from Thailand, Ayuk ikutan, jangan sampai ketinggalan. Temen kita dari Thailand nanti yang akan mengisi. Boleh ajak teman-teman yang lain, ayoooook....

No comments:

Post a Comment